Away from Insanity

…life is hard, even for the sane ones…

Tempat – Tempat Makan Asik di Salatiga August 11, 2008

Filed under: Food & Recipes — widyacancan @ 8:00 am

Belakangan ini, Salatiga (my hometown since 1992), perkembangannya lumayan pesat. Kalau jaman dulu misalnya ada kenalan mau nyari hotel yang agak layak aja pilihannya dikit bgt (cuman satu bahkan, di tambah beberapa yg kelas melati), sekarang di sini udah lebih banyak pilihan. Mau yang hotel butik atau city hotel, Salatiga udah punya.

 

Trus kalo yang belakangan ini lagi menjamur.. ya tempat makan.   Aku nggak tau, apa  gara-gara wisata kuliner lagi ngetren belakangan ini, atau emang jumlah penduduk di Salatiga (terutama mahasiswanya) yg emang bertambah. Kayaknya sekarang tempat makan di Salatiga jauh bgt bertambah dibandingin jaman aku masih sekolah dulu. Kalau jaman aku SD – SMP dulu, aku ingat.. tempat makan favorit anak2 seumuranku namanya Es Tanjung di Jl. Tanjung dekat sekolahanku SD 02, jalan yang mengarah ke pertokoan pusat kota.   Di situ menu favoritnya es putar (bernama es tanjung) ditambah menu2 ringan semacam roti bakar, bakso, soto, tahu pong & lontong opor. Pokoknya jaman aku sekolah dulu, kalau ada yang ulang tahun sering-seringnya ya traktirannya di Es Tanjung.   Soalnya tempatnya lumayan cozy buat anak sekolahan, harganya terjangkau, plus di sana dibolehin coret2 di mana aja (mau di meja, tembok, dinding or lantai, terserah).  Lumayan kreatif juga sih.   Sekarang… (sedih juga nih) Es Tanjung udah gulung tikar, berubah jadi jadi toko biasa.   Mungkin dia kalah bersaing sama rumah2 makan kelas remaja-mahasiswa yang udah banyak banget pilihannya. Huhuhu… nggak bisa deh yg mau nostalgia..

 

Back to the main topic, sesudah aku pilih2 di antara kandidat-kandidat yang udah aku coba,  di sini aku bikin list tempat2 yang asik (menurutku). Jadi kalo kapan-kapan ada yang bingung nyari tempat makan di kotaku, daftarku ini bisa jadi pertimbangan.. hehe..

 

My Steak

Ini dia jawaranya rumah makan kelas remaja-mahasiswa di Salatiga. Letaknya strategis, di jalan kemiri, dekat SMU 01 & UKSW, yang di sekitar situ memang daerahnya kos-kosan mahasiswa. Walaupun baru dilaunching awal tahun ini, My Steak sudah mengungguli tempat-tempat makan sekelasnya yang udah exist duluan di kotaku. Alasannya sederhana aja sih, harganya murah & rasanya enak.. ditambah juga pelayanannya yang lumayan OK dari crew My Steak yang umurnya rata-rata masih muda (kyknya sih mereka mahasiswa juga).

Soal harga, aku kasih penilaian ‘best value for your money deh’… soalnya aku pernah makan sampe kekenyangan di situ bareng ibuku (yang bahkan musti minta dibungkusin nasi gorengnya karena terlalu banyak)… kita cuman bayar 20 ribu! Sampe heran juga pas mbayar di kasir,, hehehe..

Menu favoritku di My Steak sejauh ini.. steak bakarnya. Yang ini emang harganya agak mahal dikit dibandingin menu2 lain yang rata2 harganya under IDR 10000. Tapi masih murah lah, sekitar 17 ribuan gitu. Tapi nggak kecewa deh nyobainnya.

Oh iya, aku muji2 di sini bukan gara-gara yang punya My Steak temenku mas Totok.. hehehe.. sumpah deh, tadinya aku kira yang punya bukan dia.  Anyway, kapan2 pengen belajar deh sama mas Totok,  gimana caranya njalanin restoran biar laku.. hohoho..  :-p

 

 

Warung Joglo Bu Rini

Restoran yang satu ini kelasnya agak di atasnya remaja-mahasiswa. Pangsa utamanya keluarga& orang2 kantoran.  Lokasinya strategis (terutama buat aku), soalnya dekeet banget sama rumahku! hehe.. dari rumahku cukup berjalan nggak sampe 50 langkah, udah nyampe kayaknya. Kelebihan restoran ini terutama pada view-nya. Restoran ini didesain berupa joglo sebagai tempat makan utama, di tambah beberapa gazebo yang dibikin mirip2 pondok jaga petani di tengah sawah, yang letaknya emang sengaja dibikin menjorok ke tengah sawah.  Di restoran ini sambil makan kita bisa menikmati indahnya pemandangan sawah yang cukup luas, dilatarbelakangi hutan lindung & tentu saja.. Gunung Merbabu yang cantik.

Menu andalan restoran ini adalah Iga Bakar. Harganya lumayan lah sekitar IDR 22000. Tapi buat yang nyari menu yang lebih murah pilihannya masih banyak sih, yang under IDR 10000 juga lumayan pilihannya.

 

Oh iya, lokasi Warung Joglo Bu Rini di Jl. Mawar, dekat dengan pasar Jetis & Jl. Imam Bonjol Salatiga (Kelupaan, emangnya semua orang udah tau apa,  rumahku deket mana??)

Satu lagi, pemilik Warung Joglo ini (Pak Harso), adalah ketua RT di lingkunganku (Pak RT gw gitu loh),, jadi semoga kapan2 aku dikasi tau triknya..

 

Sate Sapi & Bakso Sapi Suruh

Salatiga adalah kota bakso.   Hal pertama yang dipikirkan oleh orang-orang yang datang melancong ke Salatiga kemungkinan besar adalah bakso (bener nggak sih pendapatku ini??)

 

Based on that assumption, rumah makan yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman (pusat kota), dan persis bersebelahan dengan kantor polisi ini memiliki keistimewaan. Sebenarnya di Salatiga ada banyak rumah makan bakso yang cukup terkenal& punya fans-nya sendiri2. Kalau menurutku, rasa bakso di Salatiga jauh lebih enak dibandingkan bakso-bakso di kota lain. Mungkin ini karena Salatiga, Boyolali dan sekitarnya sudah terkenal sebagai produsen  daging sapi yang kualitasnya bagus. Nah, di antara restoran2 bakso yang banyak bertebaran di Salatiga, Bakso Sapi Suruh adalah yang paling enak menurutku.

Dilihat dari segi rasanya, Bakso Sapi Suruh menurutku ideal.. dengan bakso yang enak & kenyal (tanpa bahan pengenyal), dan kuahnya yang segar (nggak terlalu asin, nggak terlalu berminyak en nggak kebanyakan vetsin).  Kualitasnya terjaga, berkat kerja keras Bu Ismiati sang pemilik rumah makan yang saban hari turun tangan dalam proses pembuatannya.

Sebagai bukti kesuksesannya, rumah makan yang satu ini sudah berkali2 muncul di surat kabar termasuk Kompas, dan acara2 wisata Kuliner (termasuk acaranya Bondan Maknyus).

Menu andalan lainnya di rumah makan ini, sesuai namanya, tentu saja Sate Sapi Suruh. Kita biasa nyebutnya Sate Suruh aja deh. Rasanya ada miripnya sama Sate Sapi Karang di Kota Gede Jogja, cuman bedanya Sate Suruh bumbunya lebih terasa, trus kuahnya berupa kuah kacang kental. Harga menu2 di rumah makan ini lumayan terjangkau, sekitar IDR 13000an buat satenya, trus baksonya  kalo nggak salah sekitar 4000an aja (Aku biasanya dibayarin maknyak, makanya nggak hapal bgt  :-p).

Kalau mau nyoba semuanya tapi takut kekenyangan, aku saranin coba Sate Suruh+ketupat setengah porsi aja, ditambah bakso-nya tapi kosongan aja (tanpa mi, bihun, tahu & tetelan).  Dijamin puas deh.

 

Oh iya, kebetulan juga Bu Ismiati lumayan akrab sama Ibuku… katanya ntar aku mau diajarin… horee…

 

OK, sejauh ini aku udah bahas tiga rumah makan.  Walaupun sedikit berbau KKN (karena aku kenal dengan para pemiliknya :-p), tapi aku jujur loh ini !!  Bisa dibilang yang tiga tadi my favorit places deh.  Ntar aku tambah lagi listnya, soalnya tempat makan lain di Salatiga masih banyaaaak lagi…

About these ads
 

13 Responses to “Tempat – Tempat Makan Asik di Salatiga”

  1. sugi Says:

    alo widya… met kenal. kebetulan aku lagi cari-cari tempat wisata di salatiga. mau maen nanti pas libur lebaran. tapi kesulitan cari-cari info hotel melati disana. misalnya yang kisaran 75rb-100rb permalam. bisa bantu kasih aku info?
    oh ya info makanannya boleh juga tuh. pasti aku susuri satu satu, pengen nyobain.
    thanks ya

  2. widyacancan Says:

    Kalo hotel melati sih yang aku tau..
    ada hotel Kalimang di Jl. Kalimangka (dekat jalan Diponegoro),
    trus ada hotel Maya di Jl. Kartini, hotel Surya di Jl. Diponegoro, hotel Mutiara di Jl. Langensuko (gak terlalu jauh dari hotel Grand Wahid).

    Kalo tempat makan sih banyak, selain yang udah aku sebut… masih ada (yg standar ya), Papa Ron’s Pizza & SS di ruko
    Jl. Diponegoro, KFC di jL. Diponegoro depan gereja Katolik sesudah UKSW, CFC di Jl. Jendral Sudirman.

    Kalo yg nggak terlalu standar… masih banyak rumah makan bakso yang lain… Bakso Sukoroso (bakso Suko) di Jl. Diponegoro, Bakso (nama warungnya aku lupa) di ruko pasar Sapi, dan bakso2 lainnya yang ada beberapa di sekitar Jl. Jendral Sudirman (daerah pertokoan pusat kota).

    Daerah lain yang banyak pilihan tempat makannya di Jl. Pattimura.. tinggal pilih, kebanyakan angkringan sih. Di Jl. Kemiri dan sekitarnya (dekat My Steak) juga banyak pilihan kafe2 kelas mahasiswa. Sekitar Jl. Imam Bonjol (deket warung Joglo bu Rini) juga ada kafe Kamarisi.

    Kalo yang agak jauh dekat perbatasan menuju arah Boyolali, ada resto Elang Sari (aku anjurin yang di bagian belakangnya, ada tamannya bagus)–> yang ini ada taman bermainnya segala, trus ada Sate kambing Dul Ghoni deket2 situ (sebelumnya).

    Oh iya, kalo daerah perbatasan satu lagi (yang arah Semarang), di daerah Blotongan ada macam2 warung makan sate kambing.

    Kalo doyan sate… pilihan lainnya… sate kambing Pak No (ada tongsengnya juga) dekat RS DKT, sate cempe (kambing muda) di ruko pinggiran lapangan Pancasila, trus ada juga sate ayam Cak Ma’il (angkringan) di depan hotel Beringin di pusat kota (Jl. Jendral Sudirman).

    Di Jl. Pemotongan (sesudah Jl. Kartini, menuju Jl. Jendral Sudirman) ada ayam goreng& ayam bakar Joyo… dekat sini buat yang doyan makanan yang pake B2 kayaknya juga ada.

    Trus kalo pengen coba yang agak aneh dikit buat pagi hari, ada juga Soto Esto di depan garasi bus Esto, deket hotel Mutiara (aku belum pernah coba, tapi orang bilang enak).

    Sebetulnya yang lain masih banyak sih…

    Met hunting ya, ntar :-)

    • sudarto halim Says:

      Hello Mbak Widya, selamat malam. Saya minggu depan mau mendaftarkan anak saya yang bungsu di UKSW. barusan diatas anda menyebutkan beberapa hotel kelas melati, apakah hotel tersebut bersih dan murah (tdk lebih dari 150rb per malam) 30 th yg lalu aku kuliah di UKSW dan sekarang sdh pensiun. org tuaku dulu suka nginap di hotel beringin, tapi tadi aku liat di website, sekarang sdh jadi hotel berbintang rupanya. Aku akan tinggal beberapa malam di salatiga, hotel yg ku cari asal bersih dan murah, makanan lebih mudah dicari. Aku ingin bernostalgia dengan teman yg ada di salatiga dan juga dosen-2nya mudah-2an masih ada,
      sampai jumpa dan terimakasih atas infonya.

      Salam,

      Sudarto

  3. salatiga.biz Says:

    salam kenal..
    anda tinggal di jalan menur? melati? imam bonjol?

    saya link dari -www.salatiga.biz-
    tks,

  4. widyacancan Says:

    jalan menur,
    makasih juga..

  5. Bert Says:

    Salam kenal

    Di halaman ini anda bisa lihat beberapa foto tempat makan di slatiga

    http://www.salatiga.nl/info/tempat_makan_salatiga/index.htm

  6. novena Says:

    mbak kalo tempat makan nasi goreng paling enak nang salatiga dimana??

  7. Agus Hartadi Says:

    It sounds great! Kalau ke Sala3 saya usahakan mampir ke Warung Joglo karena yang mempromosikan teman kuliah di Satya Wacana.

    God bless!
    Agus

  8. maharani Says:

    mbak tw ndak yg jual blueberry cheese cake d mn…?
    uda 2 minggu d sala3 tp blm nemu”,pdhal aqu pgn bgt…

  9. Iwak manuk di Pasar Peksi (Burung) Banyuputih Jl Imam Bonjol juga mak nyus lho? Pernah coba?
    Coba simak:

    http://pasarpeksi.blogspot.com/2009/03/iwak-manuk-nan-gurih.html

  10. widyacancan Says:

    wah,,
    kalo blueberry cheese cake aku juga belum pernah nemu di sala3 dek…

    coba liat2 di wonder siapa tau dia jual, kan mereka suka bikin kue2 jenis baru gitu…

    kalo gak nemu juga,
    mendingan coba bikin ndiri deh… hehe..

  11. widyacancan Says:

    oh iya,
    deket rumahku (daerah jl. Imam Bonjol), ada dua lagi tempat makan yg asik…
    yg pertama namanya kafe Kamarisi..
    menu andalan di sini (menurut aku), nasi hotplate & jus mangga yoghurt,,
    suasananya santai, cocok buat kongkow2 malam hari.

    yang satu lagi cuma buka pagi sampe siang hari, namanya (kalo gak salah) pecel jawa timur apa gitu, yang punya namanya bu Wawan. Lokasinya di ujung jl. Mawar, gak jauh dari warung joglo bu Rini. Menu andalan di sini, pecel (bisa pake nasi atau lontong), ada juga menu2 lainnya yg bisa berubah tergantung harinya. Kelebihan warung ini, selain rasanya enak, juga harganya murah, tempat dan makanannya bersih, pelayanannya juga ramah.

    cobain deh,,

  12. endang Says:

    Disini Ada Sambal… ni warung enak semua makanannya… ada sambel trasi,sambel tomat,sambel ati,tahu tempe gejrot,plecing kangkung,ada ayam goreng,bakar pokoknya masih banyak menu lainnya deh,warung yang sangat direkomendasikan lah… jualannya di Jl diponegoro depan uksw,buka malam hari.kl yg dari siang buka di food court cemara kauman


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.