Away from Insanity

…life is hard, even for the sane ones…

Unforgettable Moments at Junior High School August 9, 2008

Filed under: Memories — widyacancan @ 5:21 pm
Tags:

Seandainya ada yang nanya, kapan masa yang paling menyenangkan buat aku sepanjang hidupku… mungkin salah satu kandidat kuat buat predikat tersebut adalah masa SMP. Tahun 1994 sampai 1997 mungkin bisa dibilang ‘the golden age’ buat aku. Bukan berarti di masa2 sebelum dan sesudah itu aku nggak pernah happy, cuman kayaknya zaman SMP spesial bgt buat aku soalnya… zaman itu aku lagi beralih dari anak2 ke remaja, dalam artian aku udah mulai berani & nggak sepenakut anak kecil lagi tapi juga masih jauh dari stress dan berbagai derita orang dewasa (hu hu hu..)

Kalau waktu SD aku cuman identik dengan lupa bikin PR (aku sampe jadi salah satu anak yang paling sering kena setrap) pas SMP predikatku nambah jadi salah satu di antara yang paling sering telat& dihukum di lapangan. Buat yang satu ini posisiku bukan sembarangan.. aku bahkan pernah dapat hukuman spesial yang hanya diperuntukkan bagi para ‘residivis’ alias yang terlalu sering dapat hukuman rutin (ditahan bentar di ruang BP, trus disuruh lari keliling lapangan). Hukuman spesial ini adalah ‘dipenjara’ di perpustakaan. Kebetulan perpustakaan di sekolahku letaknya persis di tengah2 kompleks sekolah, dikelilingi ruang2 kelas & kantor. Lokasi yang sangat strategis ini membuat perpustakaan nggak pernah sepi. Tiap jam istirahat pasti banyak anak yang datang (kebetulan juga sekolahku anak2nya pada rajin). Ini yang bikin kita (para napi) jadi kelihatan konyol bgt, soalnya anak2 yang lain pada heran.. pada nanya2… “loh kamu ternyata nggak sakit toh? … Kok malah di sini? “ … dan sebagainya, dan sebagainya. Huuuhh…

Parahnya lagi, beberapa menit sebelum sekolah bubar, kita dipersilahkan masuk ke kelas masing2. Habislah aku jadi bahan tertawaan… parah bgt deh.. hehe..

 

Ngomong-ngomong soal anak ‘telatan’… aku nggak setuju loh kalau kami langsung disamakan dengan yang malas& bodoh. Soalnya biarpun telatan, selama sekolah nilai – nilaiku termasuk bagus , yah.. at least kalo cuman 10 besar atau 5 besar nggak heran2 amat lah (bukannya nyombong sih :-p). Sebetulnya.. yang bikin aku sering telat itu…mungkin…. Aku itu emang suka dengan yang mepet2 waktunya…heee.. Maksudku.. aku mungkin bisa dibilang semacam menikmati keadaan ‘ haah!! Aku hampir telat!!’ … mungkin aku emang senang jadi terburu2, adrenalin naik dan sebagainya … emhh… kayaknya mungkin gitu :-p

Efek positif yang aku dapatkan selama jadi anak telatan mungkin adalah… aku tanpa sengaja terlatih berjalan cepat. Sekedar gambaran, dulu aku suka berangkat kira2 lima atau empat menit sebelum jam 7. Jarak rumah dari sekolahku mungkin sekitar 600 atau 700m. Jadi kalo dihitung kasar.. kecepatan jalanku rata2 8 km/jam. Lumayan kan?

Sebetulnya bukan cuman jalan sih… tapi jalan cepat kombinasi lari… kombinasi jalan setengah melayang, hehehe…

Selain yang udah aku ceritain di atas, yang bikin masa SMP jadi masa yang spesial buat aku mungkin salah satunya karena guru-guru di sekolahku yang unik2 & gak terlupakan. Berhubung sekolahku sekolah favorit di Salatiga, guru2ku itu bisa dibilang semuanya pengajar yang baik, bisa memberikan ilmu yang dapat diserap anak2. Tapi di samping itu… banyak hal2 yang lucu tentang mereka. Banyak tokoh2 unik deh.. ada pak Rahman, guru matematika yg super killer, yang kalo dia lagi periksa PR semua jadi pada tegang. Gimana nggak tegang, lha wong kalo ada jawaban yang salah dia langsung (dengan kecepatan yg mengagetkan) kasih tanda silang yang super besar di lembar jawaban, udah gitu saking kerasnya dia mencoretkan tanda silang itu kertasnya bisa sampe robek berlembar2. Udah gitu dia juga suka njitakin kepala anak2, lumayan sakit loh! Trus dia juga suka nyuruh anak2 yang jawabannya salah buat memperbaiki jawabannya di lantai di depan papan tulis. Alhasil, kalo udah kayak gitu area depan kelas jadi penuh anak2 yang memperbaiki jawaban. Aku ingat, ada salah satu temanku (cewek) yang pantatnya agak besar, dia kena tendang di pantat gara2 posisi dia menghalangi jalan pak Rahman. Di pantatnya jadi nempel bekas tapak sepatu pak Rahman, jelas bgt.

Saking jengkelnya aku gara2 sering kena jitak, pada suatu hari aku memberanikan diri protes. Kayaknya protesku itu ada pengaruhnya… dikit tapi..

Anak2 lain masih kena jitak tapi aku enggak ! hohoho…

Guru lain yang memorable bgt buat aku mungkin pas aku kelas 3, guru sekaligus wali kelasku, pak Lukas. Selain memorable buat aku, mungkin pak Lukas lebih memorable lagi buat kakakku. Pak Lukas sendiri juga nggak lupa sama kakakku, soalnya dia pernah bilang ke aku… intinya kakakku itu agak luar biasa.. luar biasa bandel maksudnya, hihihi… Kakakku malah bangga karena pernah dikatain ”kamu seperti nggak punya malu” sama pak Lukas. Sebagai guru, pak Lukas itu sangat mementingkan kedisiplinan, termasuk dalam hal berpakaian. Kita sering kena ’inspeksi mendadak’. Kita diperiksa kelengkapan pakaian kita…. badgenya bener apa enggak, ikat pinggang harus yang dari sekolahan, gak boleh pake aksesoris, bahkan sampe kuku pun di periksa. Kalo sampe ada yang tertangkap miara kuku panjang, pak Lukas langsung keluarin ’senjata’ andalannya… gunting kuku. Langsung deh kuku-kuku yang kepanjangan itu dipotong sama pak Lukas. Cuman motongnya enggak biasa, motongnya sengaja dibikin zig-zag kayak garpu.. hehe..

Yang bikin aku seneng, aku kan termasuk murid kesayangan pak Lukas (kyknya sih)… aku dikira rajin& lugu… makanya seringkali pas inspeksi mendadak aku dilewatin begitu aja, nggak diperiksa sama sekali. Padahal sebetulnya aku juga banyak pake aksesoris (cincin& gelang metal yg waktu itu lg ngetren), kukuku juga sering panjang! Emang ada enaknya juga sih punya tampang innocent :-p

Sebetulnya sih, selain beliau2 yg udah aku sebutin di atas, msh banyak lagi guru2 ganjen yg tingkahnya bikin kita ketawa kalo inget lagi… msh ada bu guru ‘celana dalam sexy’ yang tiap jam pelajarannya anak2 cowok yg biasanya duduk di belakang pada memohon2 biar bisa tuker tempat duduk di depan… ada lagi ‘hot couple’ bapak-ibu guru sejoli yang kadang sok mesra di depan anak2 sampe disorakin sgl… hahaha…

Dan masih banyak orang2 aneh lainnya..
<!–[if !supportLineBreakNewLine]–>
<!–[endif]–>

Pokoknya sekolahku dulu asik banget deh!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 Responses to “Unforgettable Moments at Junior High School”

  1. pwijayanto Says:

    SMP 1 Salatiga ya…
    (ada perpustakaan di tengah… ada Pak Rahman, ada Pak Lukas, Pak Lukas dulu juga wali kelas saya..)
    salam,
    pwijayanto – salatiga

  2. widyacancan Says:

    iya betul sekali,,

    salam juga…🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s