Away from Insanity

…life is hard, even for the sane ones…

Safe Driving Tips for Female Drivers March 7, 2009

Filed under: Journeys — widyacancan @ 6:54 am

Holaaaaa!!! dah lama banget nggak update blog,,

jadi kasian ma blog yg satu ini, kelamaan dicuekin..hihihi…

Bulan-bulan terakhir ini aku sibuk (walaupun rada nggak jelas), gara2  pindah ke ibukota, Jakarta… yang lebih kejam daripada  ibu tiri (hiks).

Ngomong2  soal  Jakarta,  aku excited banget waktu denger cerita ibuku tentang sekumpulan anak muda yang bikin heboh di bunderan HI belum lama ini, katanya mereka punya misi ingin me-ndeso kan Jakarta!

wah… seandainya aku tau sebelumnya, aku pasti ikut bergabung bersama mereka!

Menurut aku pribadi nih, kota Jakarta emang ada bagusnya di-ndesokan sedikit… biar lebih manusiawi, apalagi bunderan HI… hahaha,,

buat yang sering merasakan sengsaranya terjebak macet di daerah Sudirman dan sekitarnya pasti ngerti kenapa bunderan HI perlu dibuat lebih manusiawi.

OK, back to the main topic… gara2 pindah ke Jakarta nih, aku jadi ‘naik kelas’ sebagai driver, dari yg tadinya beredar sebatas Jateng+Jogja, jadi merambah ke daerah pantura& Jabotabek.. (Depok gak termasuk, soalnya aku gak berani lewat sana, banyak ‘gali’).

Sedikit berbangga nih, mungkin gak terlalu banyak cewek yang berani nyetir sendirian kemana2 di daerah baru…takut nyasar lah, takut dirampok lah… macem2 aja deh yang bikin takut. Nah, sebagai ‘lady driver’  yang udah selamat berkeliaran  di daerah seganas Jakarta dalam bulan2 terakhir ini, aku pengen bagi2 tips buat temen2 yang perempuan tentang gimana cara yang aman buat berkeliaran sendirian dengan mobil. Berikut ini adalah tips-tipsnya….

Nanya Mas-Mas

Aturan pertama buat selamat berkeliaran di jalan adalah, kamu harus berani nanya sama mas-mas. Kenapa musti mas-mas?? karena biasanya yang tau jalan (ngerti soal jalan) adalah mas-mas. Kadang ada juga mbak-mbak yang tau jalan, tapi lebih banyak yang kalo ditanya malah bingung.  Yang dimaksud dengan mas-mas bisa siapa aja (yg laki2), lebih aman lagi kalo yang pake seragam satpam ato polisi, soalnya biasanya mereka pasti ngerti soal jalan& gak macem2. Kalo sama mas-mas yang lain, bisa juga sama tukang parkir atau yang bantu ngatur lalu lintas di perempatan. Mereka biasanya ngerti soal jalan, dan pasti lebih senang lagi ngasih informasi kalo sebelumnya udah dapet tip barang seribu perak. Gak usah pelit2  ngasih duit sama orang2 kayak begini, soalnya kalo kesasar lama2 di Jakarta uang yg habis buat bensin bisa jauh lebih banyak lagi.

O iya, biasakan juga nanya sama penjaga pintu tol kalau kamu lewat tol tapi belum yakin dengan rutenya. Aku pernah kesasar sampe Tangerang padahal tujuannya ke TMII, kalo nggak nanya2, bisa-bisa aku nyasar sampe pelabuhan kali ya? hehehe…

Liat Rambu Penunjuk Arah

Aku nggak ngerti sebutan resminya, tapi kalau di jalan, aku selalu perhatiin  rambu yang nunjukin arah jalan menuju tempat tujuanku (yang warnanya hijau& banyak tanda panahnya itu loh). Ini berguna sekali, apalagi untuk daerah seperti Jakarta yang rawan kesasar. Untungnya di Jakarta rambu2 kayak begini banyak di pasang di mana2, bahkan kadang juga ada kalau kamu kesasar ke jalan yang agak kecil.

Kalau kamu belum hapal dengan rute perjalananmu, kamu bisa pilih mau lewat jalan biasa atau lewat jalan tol. Masing2 ada resikonya sendiri2.

Kalau kamu lewat jalan biasa, kamu bisa keputer2 agak lama… dan gawatnya kalo sudah keputer2  masih kejebak macet. Tapi keuntungannya adalah, selain gak usah bayar tol, kamu sekalian bisa mempelajari daerah yang kamu lewati. Kadang bisa saja kamu jadi nemu ‘short cut’ buat mencapai tujuanmu dengan jauh lebih singkat.

Pilihan kedua yang seringkali lebih aman adalah lewat jalan tol. Aturan pertama kalau kamu lewat jalan tol adalah kamu harus yakin kamu masuk pintu tol lewat arah yang benar. Jangan sampai yang berlawanan arah!

Buat amannya, biasakan nanya dulu ke orang sebelum kamu masuk pintu tol, apa bener ini jalan tol buat ke arah Cawang (misalnya).  Atau pastikan kamu udah liat rambu yang sebelumnya menyebut kalau arahmu sudah benar (misalnya kalau kamu mau ke Cawang, ada tulisan Cawang lewat jalan tol). Kalo nggak ada dan kamu nggak yakin, kamu bisa nanya sama yang jaga pintu tol. Jangan panik kalo kamu ternyata salah arah, kalau terjadi kamu bisa tanya ke penjaga tol sebaiknya kamu keluar dan putar balik di daerah mana. Yang dimaksud di sini adalah keluar dari tol dan nyari jalan keluar lewat jalan biasa atau bisa juga sesudah keluar  nyari pintu tol dengan arah yang benar. Jangan pernah berfikiran gila (kayak aku) buat mutar balik (nyari tempat yang bisa buat ” U turn”) di jalan tol, karena itu sangat-sangat berbahaya!!

Cek Keselamatan

Sebelum memulai perjalanan, biasakan buat ngecek segala sesuatu yang penting buat keselamatanmu di jalan. Pastikan ban mobilmu ke-empat2nya gak bermasalah, spion udah bener, pintu udah terkunci dengan bener, bensin masih cukup dan sebagainya. Seandainya terjadi masalah di jalan, sekali lagi… jangan panik. Pasang tampang melas dan minta tolong ke orang2 (biasanya mas-mas lagi),  dijamin orang bakal kasian dan nolongin kamu (asalkan minta tolongnya bukan ke orang yang salah).

Selamat mencoba  ;-D

 

One Response to “Safe Driving Tips for Female Drivers”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s